ventilator.
kesehatan,  Program CSR

Mengenal Fungsi Ventilator untuk Pasien Covid-19 dengan Masalah Pernapasan

Di tengah pandemi Covid-19, ketersediaan alat kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Salah satu alat kesehatan yang amat dibutuhkan bagi pasien Covid-19 dengan masalah pernapasan, yaitu ventilator. 

Sayangnya, kebutuhan ventilator di berbagai fasilitas rumah sakit Indonesia belum terpenuhi. Namun, baru-baru ini ada kabar baik mengenai produksi ventilator baru yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Fungsi ventilator untuk pasien Covid-19

Ventilator adalah alat bantu pernapasan bagi pasien yang mengalami masalah pernapasan. Ketika pernapasan terganggu dan berhenti, organ-organ tubuh tak lagi disuplai oleh oksigen sehingga dapat memicu terjadinya kematian.

Ventilator pun telah digunakan pada sebagian pasien Covid-19 yang terbilang parah meski mayoritas pasien hanya mengalami gejala ringan. Virus corona menginfeksi tubuh dengan masuk ke saluran udara hingga bisa menyebabkan Anda sulit bernapas. Diperkirakan 1 dari 4 pasien Covid-19 memerlukan ventilator untuk membantu pernapasannya.

Ventilator berfungsi untuk memasukkan oksigen ke paru-paru, dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. Dengan alat ini, pasien yang sulit bernapas akan dibantu untuk bernapas seperti layaknya orang normal.

Indonesia Minim Ventilator

Di Indonesia sendiri, ketersediaan ventilator di tengah pandemi ini masih terbilang minim. Bahkan Presiden RI Joko Widodo telah meminta bantuan ventilator kepada presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Hal tersebut dikabarkan oleh Trump melalui cuitan di akun Twitter pribadinya.

Untungnya di Maluku utara sebagai daerah yang juga cukup banyak terkena dampak covid-19 sudah cukup dapat bernafas lega.

Satgas Penanganan Covid-19 Halsel menerima bantuan dari PT Harita Nickel berupa APD, Alkes dan ventilator untuk pasien Covid-19 di Maluku Utara.

Bantuan ini bukan bantuan pertama dari Harita Group. Sebelumnya Harita group sudah beberapa kali membantu warga dan karyawannya dalam memerangi Covid-19. Hal ini membuktikan keseriusan Harita Group dalam memberantas Covid-19 di Indonesia khususnya Maluku utara.

Bantuan tersebut diserahkan oleh perwakilan PT Harita Nickel di Labuha dan diterima  langsung oleh Ketua Satgas Covid-19 Halsel, H. Bahrain Kasuba didampingi Sekretaris Satgas, Daud Djubedi. Di Posko Satgas Covid-19.

Selain memberikan bantuan alat Ventilator, PT Harita Nickel juga memberikan bantuan  Kamar yang disewa di Hotel Buana Lipu Labuha, sebagai tempat karantina tim medis, warga dengan status Orang Tanpa Gejala(OTG).

Kepala perwakilan PT. Harita di Labuha, Tommy Tjandra dihadapan Bupati mengatakan, dirinya mewakili PT. Harita untuk membantu Satuan tugas (Satgas) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat masyarakat Halmahera Selatan,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua Satgas Covid 19 Halsel, Bahrain Kasuba saat menerima bantuan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Harita Nickel atas bantuannya.

“Mudah-mudahan alat ini bisa bermanfaat untuk penanganan Pasien Covid-19 di Halsel dan alat ini akan langsung diserahkan ke RSUD Labuha,”kata Bupati.

Sumber: Focusmalut.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.