Daerah

Malut Memasuki Musim Penghujan Periode Kedua

Malut, InfoPublik –  Hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Maluku Utara termasuk di Kota Ternate, karena di bulan Mei 2023 sudah memasuki puncak musim hujan periode kedua.

Dengan kondisi ini BMKG minta masyarakat di wilayah Maluku Utara untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate melalui Koordinator Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo mengakui,  pada bulan mei 2023 ini wilayah Maluku Utara sudah memasuki puncak musim penghujan periode kedua, sehingga terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat terjadi pada pagi, siang dan malam hari.

Disamping itu di Samudera Pasifik sebelah Timur Philipina atau di Utara Perairan Papua saat ini terbentuk pusat tekanan rendah karena suhu muka laut di wilayah tersebut terjadi anomali positif sehingga terjadi pusaran angina.

”Akibatnya angin di wilayah Maluku Utara menguat yaitu monsoon Australia menuju ke wilayah Asia  mengalami belokan yang cukup tajam ikut mempengaruhi kondisi di wilayah Maluku Utara,” ujar Setiawan Sri Rajarjo diruang kerjanya, Kamis (18/5/2023).

Akibat terjadi belokan angin yang cukup tajam kata Setiawan Sri Raharjo, membuat wilayah Maluku Utara terjadi pembentukan uap air.

Disamping itu di Wilayah Maluku Utara suhu muka laut di laut Maluku dan laut Halmahera sampai saat ini juga masih mengalami anomali positif sehingga dalam beberapa hari ke depan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Dengan kondisi ini masyarakat di wilayah Maluku Utara diminta untuk tetap meningkatkan kewaspadaan adanya intensitas hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan angin kencang.

Selain itu juga kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di laut maupun pelayaran agar tetap waspada jika terjadi hujan lebat dapat berpengaruh jarak pandang juga peningkatan tinggi gelombang, sehingga perlu diwaspadai serta selalu memperoleh informasi yang dikeluarkan oleh BMKG. (MC Tidore)

Sumber: Info Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *