FKNT
Daerah

FKNT 2021 Jadi Ajang Pertemuan Nelayan se-Maluku Utara

TIMESINDONESIA, TIDORE – Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) 2021, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara, dengan tema ”Menjaring Kekuatan di atas Sampan” akan digelar pada 7-14 Maret 2022 mendatang. 

Acara ini dilaksanakan oleh pemuda dan masyarakat kelurahan Tomalou, yang didukung penuh oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara, serta Pemkot Tikep.

FKNT 2021 ini akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono, yang direncanakan hadir bersama lima Dirjen, dan Staf Ahli.

Ketua Panitia, Ismanto Saleh menuturkan saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen di H-4. Tingginya antusiasme masyarakat menjadi kekuatan utama dalam pelaksanaan FKNT ini.

“Alhamdulillah semua persiapan sudah matang tinggal penambahan-penambahan saja yang dilengkapi di sisa waktu beberapa hari kedepan,”ujar Ismanto ketika dikonfirmasi TIMES Indonesia melalui sambungan telepon seluler, Kamis (3/3/2022).

FKNT 2021 kata Ismanto menjadi ajang silaturahmi bagi kapal-kapal nelayan di 10 kabupaten/kota.Tercatat, sudah 30-40 kapal yang mengkonfirmasi bakal berlabuh di area FKNT.

Selain meramaikan acara, para nelayan akan bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2001-2004, yang kini menjadi Staf Ahli di KKP RI, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri.

“Pak Rokhmin akan memberikan seminar dan menyapa para nelayan di Maluku Utara di acara FKNT nanti. Kita sudah jadwalkan itu juga,” ungkap Ismanto.

Mengingat negara masih dalam masa pandemi Covid-19, maka pengunjung yang ditargetkan 500-1000 orang, agar mudah terkontrol dalam penerapan protocol kesehatan.

Pihaknya bahkan telah menyurati Satgas Covid-19 Tidore maupun provinsi untuk ikut membantu mensukseskan acara tersebut.

“Kami bekerjasama dengan satgas sehingga Prokes benar-benar dijalankan. Masker dan tempat cuci tangan akan disiapkan untuk pengunjung,” jelasnya.

Sumber: Times Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *