ventilator.
kesehatan,  Nasional

54 Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Maluku Utara

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan 10 spesimen dikirim ke laboratorium BTKLPP Ambon, ditemukan empat orang terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kepulauan Sula, sehingga Malut miliki 54 pasien positif.

“Hari ini, bertambah empat orang dari Kabupaten Kepulauan Sula dan mereka disebut pasien 51, 52, 53 dan 54, maka total kasus pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 menjadi 54 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Malut, dr Alwia Assagaf saat didampingi Koordinator Humas, Muliadi Tutupoho melalui konferensi pers di Posko Gugus COVID-19 Sahid Bela Hotel, Sabtu (9/5).

Dia mengatakan, sesuai dengan hasil 10 spesimen yang dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTLK-PP) Ambon, yang diterima Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara, menyebutkan empat orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan enam negatif.

Menurutnya, keempat pasien ini yakni 051 status awalnya Orang tand Gejala (OTG), pasien 052 OTG, pasien 053 ODP dan pasien 054 status OTG. Mereka berempat saat ini berada di lokasi karantina di SMP Negeri 1 Sanana.

Untuk OTG 462, di mana Orang Dalam Pemantauan (ODP) 138 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 10 orang, sedangkan jumlah terkonfirmasi positif 54 orang, 8 di antaranya sembuh.

Selain itu, untuk hasil rapid test sampai hari ini sesuai hasil pemeriksaan kepada 2.810 orang, diperoleh 151 orang dengan hasil reaktif, OTG 67 orang, ODP 39 orang, PDP enam orang dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit 39 orang, sedangkan 2525 orang dengan hasil rapid test negatif.

Alwia menambahkan, saat ini, menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak 12 orang, PDP tiga orang dan ODP tiga orang. Sedangkan, menjalani karantina di Sahid Hotel ternate sebanyak 55 orang dengan rincian 23 orang pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 21 orang, ODP enam orang, PDP satu orang dan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit empat orang.

Sumber: Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published.