Ekonomi,  Industri

Dorong UMKM di Kota Ternate, Warung Mama Jadi Andalan

Ternate, InfoPublik – Wali Kota Ternate Dr M Tauhid Soleman, Kamis (27/10/2022) menghadiri Fokus Ramu Ide Bersama (Foris) terkait Warung Mama sekaligus menyerahkan bantuan modal Warung Mama di Kelurahan Sangaji Kecamatan Ternate Utara.

Sebanyak 50 orang menerima bantuan berupa sembako dan langsung diserahkan oleh Wali Kota.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota didampingi Kepala Bappelitbangda Dr Rizal Marsaoly, Kadis Koperasi dan UMKM Kota Ternate, Hadi Hairuddin dan Lurah Kelurahan Sangaji.

Tauhid menyampaikan, lewat program Foris ini, dirinya akan datang menyapa guna mendengar dan berdiskusi secara langsung di tiap “Teras” (Tego Serasa Semakugasa) rumah warga untuk fokus membangun ide bersama demi Kota Ternate Andalan.

Warung Mama adalah program bantuan modal terhadap pemilik warung yang terdapat pada suatu kelurahan, agar tetap berkembang.

“Yang bisa kita (Pemda) lakukan agar mendorong kebijakan UMKM utamanya, UMKM/IKM lokal itu lebih berkembang, dan porsinya ada di kebijakan,” terang Tauhid.

“Mungkin saat ini di Kota Ternate, mengalami pertumbuhan ritel atau gerai Indomaret, Alfamidi. Sehingga secara modal sudah tentunya mereka lebih kuat. Maka bagaimana Pemkot berupaya mendorong modal melalui Warung Mama agar setidaknya bisa bersaing,” kata Tauhid lagi.

Wali Kota berharap UMKM harus tetap hidup, maka dari itu pihak kelurahan Dinas Koperasi harus ikut mengembangkan Warung Mama.

Dalam kesempatan yang sama Kadis UMKM dan Koperasi Hadi Hairuddin menambahkan, pemerintah kota melalui Dinas Koperasi dan UMKM sudah beberapa kali memberikan bantuan kepada pelaku usaha yang memenuhi syarat.

Seperti alat penunjang dan bahkan di tahun 2021 kemarin, Dinas Koperasi dan UMKM telah memberikan bantuan pada 250 pelaku usaha.

“Semoga di akhir bulan November akan ada penambahan penerimaan bantuan modal Warung Mama sebanyak 150-170 orang”, ujarnya.

Sementara, Kepala Bappelitbangda Dr Rizal Marsaoly menyampaikan, Bappelitbangda telah melakukan Evaluasi Program Foris ini, dan hari ini yang Ke-7. Evaluasi itu sejak pertama Foris dilakukan di Kelurahan Rua, Kecamatan Pulau Ternate.

Artinya apa, setiap dilakukan program Foris ini, menjadi tanggung jawab moril Pemerintah Kota harus tuntas dilakukan.

Bahkan jika ada masukan disampaikan oleh masyarakat, Wali Kota berharap kepada Bappelitngda agar menyampaikan kepada OPD Teknis. Agar harapan dari masyarakat kepada Walikota bisa teratasi.

“Kami akan tetap mendorong Program Warung Mama di Kota Ternate, agar bisa terealisasi pada peruntukan kesejahteraan ekonomi keluarga,” katanya. (Tim IKP Diskominfo Ternate/toeb)

Sumber: Info Publik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *